Dongeng Anak indonesia dan kumpulan dongeng yang mendidik dan menghibur. Seperti Dongeng anak sebelum tidur, cerita si kancil, dongeng anak islami dan banyak cerita anak lainnya.

Tips Teknik Membaca Dongeng Anak Yang Efektif

Tips Teknik Membaca Dongeng Anak Yang Efektif

By Ravi Vilda

Sebagai blog dongeng anak yang terkenal, saya akhir-akhir ini kami mendapatkan banyak email yang bertanya bagaimanakah membawakan atau teknik membaca dongeng anak yang efektif. Kita sebagai orang tua memang tidak boleh menyepelekan pendidikan bagi putra-putri kita, terutama pendidikan tentang kasih sayang dan ilmu ber-sosialisasi yang sangat penting bagi anak kelak mereka nanti dewasa.

Mendongeng adalah salah satu media yang bisa kita pakai untuk membawakan cerita-cerita seputar kehidupan yang dibawakan dengan lugas, tegas serta menarik untuk anak-anak. Berikut adalah tips teknik membaca dongeng anak yang efektif.

Baca juga cerita anak Cerita Si Kancil Kerbau dan Buaya

1. Pilihlah cerita anak yang sederhana

Cerita atau dongeng anak adalah hal yang paling menarik bagi semua anak. Mereka sangat senang jika mendengar dongeng yang sederhana namun penuh dengan makna. Ambil contohnya saja Si Kancil mencuri ketimun yang paling banyak digemari oleh anak-anak Indonesia. Selain alur ceritanya mudah dihapal oleh orang tua, juga sangat simpel untuk dibawakan dan diceritakan kepada anak-Anak.

Tips Teknik Membaca Dongeng Anak Yang Efektif

2. Buatlah semenarik mungkin dalam bercerita

Dalam mendongeng tidak semua orang tua bisa membawakan sebuah dongeng anak dengan sempurna. Namun jika kita sebagai orang tua bisa membawakan sebuah cerita anak dengan menarik perhatian anak. Caranya?, caranya mudah sekali. Buatlah mimik wajah sesuai karakter dongeng anak yang dibawakan.

Dengan demikian anak bisa mampu membedakan karakter cerita yang dibawakan oleh si pendongeng. Kemudian buatlah suara-suara yang berbeda untuk setiap karakter di dalam dongeng tersebut. Dari segi psikologis anak, inilah yang akan menumbuhkan kepintaran anak dalam membedakan karakter-karakter dongeng yang mereka dengar, sehingga akan tersimpan baik dalam memori mereka.

3. Atur irama atau tempo dalam mendongeng

Nada suara sangat berpengaruh dalam mendongeng, buatlah nada-nada cepat ketika cerita sangat seru atau menegangkan, lalu ketika cerita dalam irama yang lambat, buatlah suara atau perkataan yang selembut mungkin. Ini sangat berpengaruh kepada irama mendengar bagi si anak.

4. Buatlah cerita bersambung

Ketika si anak mulai merasa "enjoy" dengan alur cerita yang kita buat, bisa jadi si anak akan merasa ketagihan untuk mendengarkan kelanjutannya. Nah hal ini bisa anda siasati dengan cara membuat episode-episode bagi cerita yang mungkin terasa panjang.

Hal baiknya adalah anak akan merasa kalau mereka perlu menunggu untuk seri dongeng berikutnya. ini akan mengajarkan kepada anak tentang kesabaran. Mereka akan terbiasa dengan sabar dalam hidup mereka nantinya.

Baca juga cerita anak pemuda miskin yang suka sedekah

Demikianlah tips teknik membaca dongeng anak yang efektif. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi anda orang tua yang menginginkan tumbuh kembang anak dengan sempurna. Terima kasih telah berkunjung di blog dongeng anak indonesia, Silahkan share artikel ini kepada teman kerabat anda jika bermanfaat. Yuk Adik-Adik kita baca lagi cerita-cerita menarik lainnya di blog ini, seperti Cerita Anak Si Kancil Yang Pintar dan Nakal yang pasti seru dan menyenangkan. yang pasti seru dan menyenangkan.

Tips Teknik Membaca Dongeng Anak Yang Efektif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ravi vilda