Dongeng Anak indonesia dan kumpulan dongeng yang mendidik dan menghibur. Seperti Dongeng anak sebelum tidur, cerita si kancil, dongeng anak islami dan banyak cerita anak lainnya.

Dongeng Burung Merpati Putih Dan Burung Gagak Hitam

Dongeng Burung Merpati Putih Dan Burung Gagak Hitam


Pada jaman dahulu, ada seekor burung merpati yang sedang hinggap di sebuah pohon. Sang merpati sangat merasa kesepian sejak ditinggal oleh pasangannya yang mati karena musibah asap yang menimpa daerah tersebut. Merpati yang dulu bulunya berwarna putih, kini tampak kusam dan tidak berwarna putih cemerlang seperti dulu. Ia merasa sedih ditinggal teman-temannya yang kini entah mengungsi kemana, si Merpati putih ini merasa kehilangan.



Tak lama kemudian datanglah burung gagak yang terengah-engah dengan suara paraunya yang sangat khas sekali. Si burung gagak terbang mendekati merpati yang sedang sendirian.

"Hai merpati, sedang apa kau disini, apakah kau tidak mengungsi ketempat yang lebih bersih udaranya.?" tanya si gagak.

"Hai burung gagak, tidak, aku sedang merenung dan kelelahan setelah terbang ribuan kilometer untuk menghidari asap yang sangat menggangu itu, sebenarnya kau dari mana? si merpati kini bertanya kepada gagak.

"Kakkkk,...kaaakk...aku juga baru saja mengungsi dari kepungan asap itu, dan aku terbang sangat jauh sekali, dan beruntung aku ketemu dengan engkau, Merpati" jawab si gagak.

"heii,.....kenapa engkau bersedih, apa yang sedang kau fikirkan wahai merpati yang kusam?" tanya gagak yang penasaran dengan raut wajah di merpati yang sedang sedih.

"Ketahuilah gagak, aku kehilangan teman-temanku yang sedang tertidur di atas ranting pohon, kemudian kebakaran hutan itu menyebabkan mereka tidak bisa menyelamatkan diri mereka, sehingga mereka akhirnya terbakar dengan pohon" jawab merpati sedih.

"Sudahlah, jangan kau sesali. kini kau sudah bersama aku, mari kita berteman" kata gagak.

Merpati tersenyum mendengar perkataan si gagak, akhirnya mereka berteman dan merekapun kini saling tolong menolong, tidak ada rasa dendam di hati mereka kepada siapa saja yang merusak hutan mereka, namun bagi mereka yang merusak alam lingkungan bagi para satwa, sadarlah bahwa mereka juga butuh tempat tinggal dan mereka juga butuh hidup.

Hikmah dongeng anak seperti ini, agar kita selalu menjaga kelestarian hutan kita, agar kita juga tidak merusak tempat mereka hidup, karena mereka juga makhluk hidup ciptaan Tuhan yang butuh tempat berteduh, sama seperti kita manusia.

Baca juga dongeng anak lainnya :
- Cerita Anak Islami Singkat - Kisah Anak Yang Berbakti Kepada Orang Tuanya
- Cerita Anak Islami - Kisah Ravi Yang Pasrah
- Cerita kancil dan harimau part 2
- Cerita sang kancil dan kuda

Dongeng Burung Merpati Putih Dan Burung Gagak Hitam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ravi vilda