Dongeng Anak indonesia dan kumpulan dongeng yang mendidik dan menghibur. Seperti Dongeng anak sebelum tidur, cerita si kancil, dongeng anak islami dan banyak cerita anak lainnya.

Dongeng Rakyat Cerita Sangkuriang

Pada jaman dahulu kala, ada seorang putri raja yang sangat cantik jelita bernama Dayang Sumbi. Kecantikan dayang Sumbi terkenal hingga banyak raja-raja bahkan pangeran dari kerajaan lain yang saling memperebutkan Dayang Sumbi, sehingga mengakibatkan kekacauan di negeri itu. Akhirnya Dayang Sumbi diungsikan kedalam hutan untuk menghindari peperangan antar kerajaan, dan ia ditemani oleh seekor Anjing bernama Tomang.

Dongeng Rakyat Ceria Sangkuriang

Tomang merupakan perwujudan dewa yang sangat tampan, hingga pada suatu waktu ketika bulan purnama ia berubah menjadi seorang pemuda tampan, dan Dayang Sumbi jatuh cinta kepada Tomang. Singkat cerita Dayang Sumbi memiliki anak dari Tomang, anak tersebut bernama Sangkuriang.

Sangkuriang adalah anak dari Dayang Sumbi dan Tomang yang merupakan perwujudan dewa, dan pada suatu hari Sangkuriang disuruh untuk berburu hati menjangan oleh ibunya, karena tidak mendapatkan apa yang diminta ibunya, Sangkuriang mengorbankan hati milik Tomang dan diberikannya kepada ibunya.

Dayang Sumbi terkejut ketika ia mengetahui bahwa hati yang dibawa Sangkuriang adalah hati Tomang yang merupakan suaminya, akhirnya Sangkuriang diusir oleh Dayang Sumbi.

Sejak itu Sangkuriang pergi mengembara tanpa tujuan, dan akhirnya ia bertapa dan berguru disebuah tempat, hingga pada akhirnya ia menjadi sangat sakti sekali, semua ilmu ia kuasai sehingga ia bisa melakukan apa saja yang ia inginkan.

Perjalananan Sangkuriang akhirnya membawa ia kepada ibunya, Dayang Sumbi. Pada suatu ketika ia bertemu dengan seorang wanita cantik yang sedang mandi di sungai. Keduanya saling jatuh cinta, dan betapa terkejutnya ketika Dayang Sumbi mengetahui pemuda itu adalah Sangkuriang yang merupakan anaknya, namun Sangkurian tetap menganggap bahwa wanita itu bukan Dayang Sumbi.

Dayang Sumbi menolak halus cinta Sangkuriang, ia meminta agar Sangkuriang pergi, namun Sangkurian tidak mau pergi, dan dengan berat hati Dayang Sumbi meminta syarat kepada Sangkuriang untuk dibuatkan sebuah perahu dan bendungan dalam waktu semalam sebelum pagi menjelang,

Karena kesaktian Sangkuriang yang bisa melakukan apa saja, permintaan itu disanggupi dan hampir selesai, Dayang Sumbi sangat gelisah, akhirnya ia membentangkan kainnya dan berubah menjadi sinar yang sangat menyilaukan mata.

Karena mengetahui sudah pagi, akhirnya Sangkuriang berhenti dan putus asa, tapi ketika mengetahui kalau sinar itu bukan sinar matahari, Sangkuriang marah sekali dan menendang perahu sehingga perahu itu terbalik, konon ceritanya perahu itu menjadi sebuah gunung yang bernama Tangkuban Perahu.

Baca juga cerita rakyat lainnya
- Dongeng Telaga Warna
- Kisah Negeri Seribu Angin











Dongeng Rakyat Cerita Sangkuriang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ravi vilda