Dongeng Anak indonesia dan kumpulan dongeng yang mendidik dan menghibur.

Dongeng Anak Kisah Si Tupai Yang jatuh

Suatu hari ada seekor Tupai yang sangat lincah, ia bisa berpindah-pindah dari satu pohon ke pohon yang lain dengan sangat cekatan dan lihai sekali. Sekali ia berayun dari satu pohon tinggi sekali lompatannya dan iapun bisa mendarat dengan sangat sempurna di pohon yang ia tuju tanpa terjatuh. Semua hewan anggota hutan sangat mengagumi Tupai si pelompat yang ulung.

Suatu hari Tupai merasa bahwa dirinya sudah tidak ada yang memperhatikannya lagi, kini ia merasa dirinya sudah tidak betah lagi di hutan. Dan iapun mencari-cari perhatian dari hewan penghuni hutan lainnya.

Sesekali ia melompat dengan gaya-gaya yang ia buat-buat sendiri, seolah ia ingin memperlihatkan gayanya yang bisa melompat dari satu pohon ke pohon yang lain dengan gaya akrobatik, sehingga bisa memukai hewan lainnya.

Baca juga : Si Adek Yang Senang Membuat Cerita Anak

Tapi sayang, tak satupun hewan penghuni hutan yang tertarik melihat pertunjukkan si Tupai. Akhirnya si Tupai merasa letih dan tidak bisa melompat lagi. sampai akhirnya pada lompatan terakhir ia tidak bisa menggapai pohon tujuannya dan akhirnya terjatuh.



"Bruuuk......!", tubuh Tupai jatuh ke atas tanah, ia merasa sangat kesakitan. Ia pegangi punggungnya yang kesakitan. Namun karena ia merasa sakit, akhirnya ia meminta tolong kepada hewan penghuni hutan lainnya.

"Toolooong....Tolooong...!" teriak Tupai meminta tolong, lalu muncullah si kancil yang datang menghampiri Tupai.

"Kamu kenapa, Tupai, kok tidur-tiduran seperti itu?" tanya Kancil kepada si Tupai.

"Aku jatuh, Cil....addduh.." rintih si Tupai kepada si Kancil yang datang menolongnya.

"Lhoo..kamu khan pandai melompat, Tupai, aku heran kok kamu masih bisa jatuh?' Si Kancil terheran-heran mendengar pengakuan si Tupai.

Baca juga : Dongeng Anak Sapi Penolong Bertanduk Raksasa

"Maaf Cil, tadi aku melompat dengan penuh kesombongan, padahal biasanya aku lompat biasa-biasa saja, tapi aku ingin memperlihatkan kebisaan ku kepada teman-teman yang lain, kalau aku jago melompat, tapi aku letih dan lemas karena tidak ada yang memperhatikanku lagi..." lirih si Tupai merasa kesakitan.

"Hahahaha,.....Tupai..tupai.., makanya kalau kita masih diberi keahlian, jangan kau sombong memperlihatkan keahlianmu..nah jadinya kau terjatuh deh", tawa si Kancil.

Sejak saat itu, Tupai tidak lagi melompat dengan kesombongan, ia pun menyesal karena harus melompat dengan penuh gaya dan ingin dilihat oleh yang lain.

Demikian dongeng anak kali ini, hikmahnya adalah janganlah kita sombong, karena dengan kesombongan apapun yang kita miliki akan menjadi sia-sia dan justru akan mencelakakan kita. Berjalanlah di muka bumi ini dengan kasih sayang dan tidak menyombongkan apa yang kita miliki. Sebab apapun yang kita miliki saat ini akan dimintakan pertanggungan jawab oleh sang Maha Kuasa.



Dongeng Anak Kisah Si Tupai Yang jatuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ravi vilda