Dongeng Anak indonesia dan kumpulan dongeng yang mendidik dan menghibur.

Dongeng Anak Kisah Raja dan Pemuda Baik Hati

Pada sebuah masa, terdapatlah sebuah kerajaan yang dahulunya dipimpin oleh seorang raja yang sangat arif dan bijaksana. Namun karena musim kering yang berkepanjangan akhirnya banyak rakyat di kerajaan itu akhirnya tidak bisa bertahan hidup dan sang raja pun akhirnya menderita sakit yang tidak ada obatnya, hingga pada suatu hari sang raja membuat sebuah sayembara bagi seluruh negeri. Sayembara itu berisikan jika ada seseorang yang bisa mengubah keadaan menjadi lebih baik maka ia akan diangkat menjadi raja dan jika ia perempuan, ia akan menjadi permaisuri.

Berita tentang sayembara yang datang dari kerajaan tadi akhirnya terdengar oleh seorang anak muda yang sangat giat bekerja. Ia adalah seorang pemuda yang tidak kenal lelah, walaupun musim pada waktu itu sangat kering, tapi ia tetap giat bekerja di ladang yang tandus untuk bertahan hidup.



Pemuda itu tidak tahu kenapa ia harus membantu sang raja, agar bisa sembuh dan bisa membantu raja agar keadaan di kerajaan itu bisa lebih baik dari yang sekarang. Ia pun akhirnya berangkat menuju ke istana Raja untuk menyembuhkan sang Raja.

Singkat cerita akhirnya si pemuda bertemu dengan sang raja dan memberikan ramuan ajaib kepada Raja, dan akhirnya si Raja bisa sembuh dari penyakit yang diderita sekian lama.

Si Raja akhirnya menawarkan posisi raja untuk si anak muda tadi, tapi anak muda itu menolak, ia datang jauh hanya untuk menolong sang raja, bukan untuk posisi jabatan raja.

Si Raja sangat kagum akan sifat mulia sang Raja, dan akhirnya memberikan sepeti emas kepada si anak muda untuk dibawa pulang.

"Bawalah emas dalam peti ini, semoga jasamu bisa kami kenang dan emas ini bisa bermanfaat kelak bagi kehidupanmu" kata sang Raja kepada si anak muda.

"Baginda raja, bukan hamba tidak sopan menolak pemberian Raja, tapi ijinkan saya untuk pulang dan tidak menerima sepeserpun dari pertolongan hamba kepada Raja, hamba datang murni hanya untuk menolong raja".

Sang Raja kembali kagum dan bangga kepada anak muda yang datang menolongnya dan tidak mengharapkan apapun dari bantuannya.

"Baiklah anak muda, aku hormati kegigihanmu menolongku, katakan apa saja yang kau inginkan, aku akan datang dan menolongmu" Janji sang Raja kepada anak muda tersebut.

"Terima kasih yang Mulia" jawab anak muda itu dan akhirnya anak muda itu pergi dari istana Raja.

Beberapa waktu kemudian, si anak muda tersebut kembali ke kampung halamannya, dan iapun bekerja seperti biasa.

Pada suatu hari, datanglah seorang kakek tua yang mendatangi kediaman si anak muda. Si kakek tampaknya kelelahan setelah berjalan jauh. Si kakek meminta tolong kepada pemuda ini untuk memberikan minuman kepadanya.

Si pemuda yang baik hati memang sangat terpuji, ia tidak hanya memberikan minuman kepada si kakek, tapi ia juga memberikan makan, pakaian dan tempat untuk menginap.

Pada keesokan harinya si pemuda terbangun dan ia sangat terperanjat sekali, ia berada di sebuah tempat yang sangat indah sekali dan ia pun dikelilingi oleh bidadari yang cantik.

Ternyata ia baru sadar bahwa si kakek itu sudah berubah menjadi seorang peri yang baik hati dan iapun kini tinggal bersama sang peri tersebut di istana yang sangat megah.

Baca juga : dongeng anak bangau yang pemalas

Dongeng Anak Kisah Raja dan Pemuda Baik Hati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ravi vilda