Dongeng Anak indonesia dan kumpulan dongeng yang mendidik dan menghibur.

Dongeng Anak Kisah Belalang Yang Terjatuh Akibat Kesombongan Dirinya

Dongeng Anak Kisah Belalang Yang Terjatuh Akibat Kesombongan Dirinya. Dongeng anak kali ini bercerita tentang seekor belalang yang sangat pandai melompat tinggi dan dikenal memiliki antena yang luar biasa fungsinya. Di kalangan hewan hutan, belalang memang punya tubuh yang kecil, tapi kawanan belalang jika sudah berkumpul maka akan besar sekali kelihatannya, mereka bahkan bisa menyerang hewan besar jika mereka berkelompok.

Dongeng Anak Kisah Belalang Yang Terjatuh Akibat Kesombongan Dirinya


Pada suatu hari, ada seekor belalang yang berpisah dari kawanan belalang yang sudah pergi keluar hutan untuk mencari makanan.

Belalang ini tampak sedang santai di sebuah pelepah daun pisang yang sudah layu, tiba-tiba ada seekor burung pipit yang menghampirinya dan berkata :

"Hai Belalang, kenapa kamu sendirian disitu?" tanya burung pipit.

"Aku sedang santai dan aku lagi malas untuk melompat-lompat, aku ingin menikmati hari ini dengan bersantai " Kata si Belalang sambil memakan sebatang rumput kering di mulutya.

Si Belalang tampak acuh dengan kehadiran burung pipit, padahal sebenarnya si burung pipit sedang mengincar si Belalang untuk santapannya hari ini.

"Belalang apakah kamu tidak takut akan kehadiran aku disini?" tanya si burung.

"Kenapa aku harus takut kepada kamu, aku khan bisa melompat tinggi yang kamu tidak bisa lakukan" kata si Belalang sombong.

Si burung pipit yang mendengar itu merasa tertantang dan akhirnya meminta si Belalang untuk melompat tinggi, sehingga di ketinggian nanti akhirnya si burung bisa memakan belalang.

"Baiklah, aku sekarang ingin sekali melihat kamu melompat setinggi yang kamu bisa, jika kamu bisa melompat tinggi aku akan memberikan penghargaan kepadamu dan aku akan umumkan ke semua hewan di hutan ini , bahwa engkau bisa melompat melampaui kepakan sayap ku" tantang si burung.

Si Belalang merasa terganggu waktu santainya naik pitam dan mengusir si Burung, "Hai Burung, tidak tahukah kamu, aku ini terganggu dengan kehadiran mu" si Belalang sangat marah sekali.

Burung pipit pun sangat kaget dan tidak mau kehilangan momentum makanannya dan lansung menerjang si Belalang, dan "Braaaakkk....!!!.

Apa yang terjadi, si burung ternyata merasakan kesakitan akibat paruh nya mematuk kayu, dan si Belalang tertawa terbahak-bahak.

"Hahahahaa,,.......owwh ternyata kamu ingin memakan aku yah, tidak kamu sadari kalao aku ini pelompat tinggi, dan rasakan paruh mu itu mematuk kayu, bukan tubuhku" Si Belalang puas setelah melompat tinggi dan menipu si burung yang mau memakannya.

Si Belalang pun akhirnya pergi meninggalkan si burung yang masih kesakitan, dan si Belalang merasa bahwa ia adalah pelompat tinggi yang tidak satupun hewan hutan yang bisa mengalahkannya.

Hingga pada sebuah tikungan di hutan, ia bertemu si kancil yang cerdik.

"Hai Kancil, kamu mau kemana?, pasti ingin mengalahkan aku melompat tinggi ya?..hehehe"

Si kancil langsung terbengong-bengong mendengar si Belalang berkata demikian.

"Hmm.....ada lagi nih anggota hewan hutan yang perlu diberi pelajaran agar tidak sombong" gumam si Kancil.

"Ya betul sekali Om Belalang yang kuat, kamu memang sangat kuat sehingga bisa melompat tinggi, tapi aku masih sangsi jika kamu bisa mengambil sesuatu yang ada di atas pohon sana" kata si Kancil.

"Owwh,....jadi kamu ingin mengetest aku yah..hmmm......boleh..boleh siapa takut, burung jahat saja sudah aku kalahkan, apalagi kamu, Kancil...hahaha" makin sombong si Belalang.

"Baiklah, sekarang coba tolong kamu goyangkan bola aneh di atas pohon itu, karena jika tidak bola itu akan menimpa aku" kata Kancil sambil menunjuk sarang lebah ganas yang ada di atas pohon.

Si Belalang tanpa aba-aba dari Si Kancil, langsung melompat dan menggoyangkan bola aneh yang ada di atas pohon tersebut.

Baca juga : Cerita si Kancil kerbau dan Buaya

"HOOPP......aku sudah mendarat, Cil, kau sudah lihat khan? kalau aku bisa melompat tinggi dan menggoyangkan bola aneh itu, sekarang apa lagi Cil...hahahahaha" si Belalang tertawa terbahak-bahak.

"Sekaraaaaanggg................................kayaknya kamu hari melompat lagi deh" kata si Kancil.

"Tuh lihat ada yang merasa terganggu dengan lompatan kamu", si Kancil menunjuk keatas, kearah lebah-lebah yang keluar dari "bola aneh" itu..

Akhirnya si Belalang harus melompat-lompat menghindari kejaran lebah yang marah, akibat sarangnya di goyang oleh Belalang.

Nah adik-adik, makna cerita dongeng diatas adalah kita tidak boleh sombong dengan apa yang Tuhan berikan kepada kita, kita harus bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan akan apa yang ada di dalam diri kita, dan jangan cepat merasa puas dengan apa yang telah kita capai.

Oke sampai berjumpa lagi ya di dongeng anak yang lain. Salam.

Dongeng Anak Kisah Belalang Yang Terjatuh Akibat Kesombongan Dirinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ravi vilda